Berkumur untuk Radang Tenggorokan

Infeksi tenggorokan dengan demam tinggi, ingus atau lendir yang berwarna putih, merupakan gejala infeksi virus. Sering dokter akan memberikan terapi antibiotik, padahal tidak perlu. Kecuali bila terjadi demam tinggi pada hari ke 3-5, pemberian antibiotik bisa dipertimbangkan. Pemberian antibiotika yang tidak pada tidak pada tidak pada tempatnya, malah bisa menyebabkan kuman resisten terhadap antibiotik.

Radang dapat terjadi karena penderita alergi atau mengalami iritasi, misalnya karean debu. Kita sebaiknya memang menjaga kesehatan antara lain dengan jangan asal minum dan makan sembarangan yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit. Dan hindari barang-barang yang bisa menyebabkan alergi dan mengiritasi tenggorokan.

Untuk membantu meringankan sakit, dokter biasanya memberikan obat yang bersifat pain reliver. Misalanya asetaminofen (parasetamol) atau ibuprofen yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam. Bila malasa ke dokter, berkumur dengan air garam atau obat kumur anastetik atau anesthetic gargle, dapat membantu.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan berkumur menggunakan obat jamur kumur, antara lain pertama obat kumur sangat baik digunakan untuk membunuh kuman serta bakteri pada daerah yang sulit dijangkau lewat penyikatan gigi biasa. Obat kumur umumnya mengandung antiseptic dan ini membantu mengurangi jumlah kuman (bakteri atau virus) yang ada ditenggorokan. Dengan sendirinya juga membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Obat kumur yang mengandung chlorhedixine, terbukti secara klinis dapat mengurangi kuman di mulut. dengan sebuah penelitian dinyatakan bahwa penggunaan chlorhedixine memperlihatkan pengurangan jumlah bakteri secara umum, baik bakteri aerob maupun anaerob, sekitar 54-97%.

Selain itu penggunaan chlorhedixine sebagai pembilas oral selama 6 bulan. Tidak menunjukkan adanya perubahan yang nyata pada resistensi bakteri, pertumbuhan berlebihan dari organisme berpotensi oputunis atau perubahan dalam ekosistem mikroba mulut.

Chlorhedixine tidak diserap oleh tubuh dan tidak bekerja aktif terhadap berbagai bakteri, virus, bakteri, spora, dan jamur. Zat ini membunuh mikroorganisme yang menyebabkan berbagai gangguan mulut dan tenggorokan. mekanisme kerja chlorhedixine adalah dengan merusak membran dinding sel bakteri.

Di pasaran ada obat mengombinasikan chlorhedixine dengan larutan NaCl, yang lebih dikenal dengan air garam. Kombinasi keduanya menjadikan radang tenggorokan lebih cepat sembuh. Itu karena larutan garam membuat radang atau inflamasi yang ada di tenggorokan, menjadi mengecil. Sedangkan chlorhedixine berfungsi sebagai anti kuman yang ada disaluran pernapasan.


=====================================

>>> Obat Radang Tenggorokan 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Tenggorokan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.