Radang Tenggorokan Dan Demam Rematik

Demam rematik yang tidak ditangani dengan baik, akan menyebabkan komplikasi berupa penyakit jantung rematik (PJR) . Disebabkan pengobatannya yang tidak adakuat, racun (toxin) bakteri akan menyebar melalui sirkulasi darah dan mengakibatkan peradangan di katup jantung. Akibatnya, daun-daun ketup mengalami perlengketan sehingga menyempit atau menebal dan mengkerut. Selanjutnya katup jantung tidak bisa menutup dengan sempurna sehingga terjadi kebocoran ketup jantung.

Yang dirasakan oleh pasien adalah keadaan yang disebabkan oleh kebocoran katup jantung. antara lain jantung berdebar-debar, cepat lelah, keluar keringat dingin, bahkan juga sesak napas.

Selain adanya riwayat demam rematik serta gejala yang tampak secara langsung, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan laboratorium, misalnya ASTO (antistreptosilin O), CRP dan kultur ulasan tenggorokan. bentuk pemeriksaan yang paling akurat adalah dengan dilakukannya ekokardiografi (rekam jantung) untuk melihat kondisi katup-katup jantung dan otot jantung.

Apabila diagnosa penyakit jantung rematik oleh kuman, Streptococcus tersebut, maka hal utama yang dilakukan adalah pemberian antibiotika dan anti radang. Jenis antibiotika terpilih adalah penicilin secara oral atau benzathine pencilin G melalui suntikan. Sedangkan pada mereka yang alergi terhadap kedua obat tersebut, alternatif lain adalah pemberian ertromicin atau golongan cephalosporin. Sedangkan antiradang yang biasanya diberikan adalah kortison dan aspirin.

Pasien PJR perlu dibedakan juga apakah ia mengalami gejala atau tidak. Pasien PJR tanpa gejala tidak memerlukan terapi. Penderita dengan gejala gagal jantung yang ringan memerlukan terapi medik untuk mengatasi keluhannya. Penderita yang simtomatis memerlukan terapi surgikal atau intervensi invasif. Tetapi terapi surgikal dan intervensi ini masih terbatas tersedia serta memerlukan biaya yang relatif mahal dan memerlukan follow up jangka panjang. Pengobatan dapat berlangsung sedikitnya 5 tahun dan bisa sumur hidup.

Penanganan radang tenggorokan sangat penting sekali. Terutama bagi mereka yang bekerja disini pertama seperti dokter umum yang bertugas di puskesmas atau klinik. Radang tenggorokan yang tidak ditangani dengan tepat tentunya dapat berakibat fatal karena katup jantung yang meradang. Sebaliknya jika radang tenggorokan ditangani dengan baik, maka kemungkinan terjadinya komplikasi pada jantung semakin kecil terjadi.

PJR bukanlah penyakit kalangan orang kaya. Bahkan penyakit ini banyak terjadi di negara berkembang yang penduduknya miskin dan padat. Akses ke pelayanan kesehatan yang sulit serta pendidikan masyarakat yang masih rendah diduga menjadi penyebab terjadinya PJR lebih banyak dinegara berkembang dibandingkan di negara maju.


=====================================

>>> Obat Radang Tenggorokan 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Tenggorokan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.