Radang Tenggorokan dan Minum Obat

Selain karena virus, radang tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. Kuman ini ditularkan melalui percikan renik (droplet) sata penderita bicara, bersin, batuk, atau mencium bayi/anak. Umumnya penyakit infeksi disertai demam dan rasa tak enak badan, kadang disertai mual dan muntah, membuat anak rewel dan susah makan.

Perjalanan Penyakit

Kuman yang ditularkan akan menempel dan berkembang biak pada selaput lendir saluran pernapasan. Jika sistem kekebalan tubuh kuat, tidak akan menyebabkan penyakit. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, baru timbul penyakit. Terjadinya gejala penyakit bergantung pada beberapa faktor. Yaitu daya tahan tubuh anak (termasuk yang dapat dari imunisasi) dan virulensi (tingkat keganasan kuman dan jumlah kuman yang menyerang). Jika kekebalan tubuh rendah dan jumlah kuman banyak, muncul reaksi peradangan.

Peradangan menyebabkan warna selaput lendir tenggorokan memerah dan membengkak sehingga terasa nyeri saat menelan. Pada anak dengan bakat alergi, reaksi peradangan dapat terjadi dengan hebat dan lendir dihasilkan lebih banyak. Kondisi ini dapat menimbulkan batuk hingga sesak napas, yang bila dibiarkan dapat membahayakan.

radang tenggorokan umumnya tidak berdampak fatal, kecuali bila disebabkan kuman yang sangat patogen ; seperti difteri. kuman patoigen ini menyebabkan timbulnya selaput (berwarna keputihan pucat), yang menyumbat saluran bernapas sehingga dapat berakibat fatal.

Penanganan

Radang/ infeksi tenggorokan disebabkan virus biasanya akan dilawan oleh sistem pertahan tubuh. Namun, jika infeksi berlangsung lama, ada kemungkinan berkembangnya infeksi bakteri. Maka, dokter biasanya akan memberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri yang berkembang.

Radang/ infeksi tenggorokan dapat sembuh sendiri, terlebih jika asupan nutrisi dan cairan tercukupi. Saat terjadi demam, tubuh membutuhkan cairan dalam jumlah banyak. Jika kebutuhan akan cairan tidak terpenuhi, bisa timbul dehidrasi. Dengan banyak minum, kuman di tenggorokan juga bisa terkikis dan turun ke lambung. Dengan banyak minum, daya tahan tubuh terbantu untuk melawan kuman yang ada di tenggorokan.

Karena kebanyakan disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, terapi radang tenggorokan umumnya dilakukan secara suportif (mengurangi gejala-gejala yang ada), seperti dengan obat penurun panas, pelega saluran napas, pengencer dahak, dan asupan cairan dan nutrisi yang optimal.

Obat penurun panas yang saat ini banyak digunakan adalah parasetamol dan ibuprofen. Dari kedua obat ini, ibuprofen di anggap lebih efektif dalam menurunkan demam. Seperti aspirin, ibuprofen membantu melawan peradangan pada sumber demam. Namun ibuprofen tidak boleh dipakai untuk bayi dengan usia kurang dari 6 bulan.


=====================================

>>> Obat Radang Tenggorokan 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Tenggorokan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.