Sakit Tenggorokan Susah Menelan

Sakit Tenggorokan Susah Menelan – Sakit tenggorokan bisanya muncul sebagai gejala awal dari sakit pilek. Tetapi sakit tenggorokan dengan pilek biasanya akan segera membaik atau hilang sendiri di hari pertama atau hari kedua. Gejala dari sakit pilek lainnya ditandai dengan hidung berlendir dan juga mampet yang bisa menyertai dari munculnya sakit tenggorokan. Penyebab sakit tenggorokan susah menelan diakibatkan karena bakteri strepkokus, yakin adalah penyebab terjadinya sakit tenggorokan dan amandel. Dan untuk sakit tenggorokan jenis ini biasanya akan lebih parah dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Sakit tenggorokan susah menelan memang sangat mengganggu. Di gejala awal biasanya penderita akan mengalami terjadinya peningkatan suhu tubuh yang tinggi. Hal ini menandai sebagai gejala umum dari infeksi yang biasanya akan diikuti dengan rasa malas, badan terasa sakit semua dan juga Anda tidak bisa menelan. Untuk kasus tertentu, Anda tidak bisa menelan dengan nyaman. Selain itu, sakit tenggorokan susah menelan bisa membuat penderitanya absen dari aktivitas harian mereka.

Sakit Tenggorokan Susah Menelan

Sakit Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan susah menelan adalah ;

  1. Bakteri

Bakteri dalam bentuk mikroorganisme yang biasanya sering menginfeksi bagian tubuh, dan biasanya juga akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit mulut, misalnya adalah seperti sariawan. Dan untuk kasus sakit tenggorokan susah menelan bakteri bisa saja masuk ke dalam tubuh kita lewat udara, dan juga bisa lewat makanan. Untuk itulah, kita harus selalu berhati-hati dan juga selalu waspada. Lakukanlah cara meningkatkan sistem daya tahan tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur, mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta makan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi yang sangat dianjurkan supaya bisa membantu meningkatkan imun tubuh pada serangan bakteri dan kuman dari penyebab penyakit.

  1. Virus

Virus merupakan sel organisme yang menyebabkan munculnya sakit flu dan juga batuk. dan seperti yang sudah kita ketahui jika virus tidak bisa diobati, biasanya akan hilang dengan sendirinya. Tetapi untuk kasus sakit tenggorokan susah menelan yang parah, maka pemberian obat tetap akan diberikan. Obat yang diberikan bukan bersifat membunuh virusnya namun membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan juga membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan susah menelan.

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan susah menelan adalah :

  1. Kumur kumur dengan air garam

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan jika berkumur selama beberapa kali dalam sehari dengan menggunakan air garam hangat akan membantu mengurangi terjadinya pembengkakan pada tenggorokan, selain itu juga bisa membantu menghilangkan lendir dan juga mengurangi munculnya iritasi dan bakteri. Dan biasanya dokter akan merekonmendasikan untuk melarutkan 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat untuk digunakan berkumur-kumur.

  1. Makan permen pelega sakit tenggorokan

Cara mengatasi sakit tenggorokan susah menelan selanjutnya adalah dengan makan permen pelega tenggorokan. Makanlah selama beberapa kali sehari. makan permen ini akan membantu merangsang dari produksi air liur yang akan membantu dalam memelihara tenggorokan supaya tetap dalam keadaan lembab. Permen pelega tenggorokan yang berbeda beda dengan kebanyakan permen yang kita jumpai. Dan permen dari pelega tenggorokan ini mengandung bahan antibakteri didalamnya yang lebih penting dan juga bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri tenggorokan. Dan berbagai macam merk pelega tenggorokan yang kebanyakan sudah dijual bebas di apotek dan juga swalayan.

  1. Minum obat dalam bentuk sirup

Obat sakit tenggorokan susah menelan yang bisa membantu adalah obat batuk sirup. Obat batuk sirup yang biasa Anda konsumsi di saat dalam keadaan batuk juga akan membantu meredakan sakit tenggorokan. Obat batuk sirup juga bekerja untuk membantu mengurangi nyeri di tenggorokan sementara waktu tetapi cukup efektif juga dalam membantu mengusir rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Dan sosisnya juga bisa disamakan pada Anda disaat sedang batuk. Jika Anda sedang bekerja, maka sebaiknya pilihlah obat batuk sirup yang tidak akan menimbulkan rasa kantuk.

  1. Minum air putih yang banyak

Minumlah air putih yang banyak serta cairan lainnya supaya bisa terhindar dari dehidrasi. Karena tetap dalam keadaan hidrasi adalah suatu hal yang sangat penting terutama di saat Anda dalam keadaan sakit tenggorokan. Tubuh juga harus mendapatkan cairan dengan cukup supaya urin tetap dalam keadaan lembab, dan juga akan membantu memerangi dan melawan bakteri atau juga iritasi misalnya seperti alergan, dan akan membantu melawan gejala sakit flu. Anda bisa minum air selain putih, jika Anda ingin sesuatu yang manis, maka Anda bisa mencoba minum jus buah encer.

  1. Minum teh

Jika Anda bosan minum air putih, maka Anda bisa minum secangkir teh herbal yang akan membantu menawarkan efek relaksasi saat Anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Teh non herbal yang terbuat dari daun warna hitam, hijau atau juga putih akan membantu melawan infeksi dan juga membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan didalamnya. Selain itu juga Anda bisa menambahkan paling tidak 1 sendok teh madu murni ke dalam secangkir teh anda. Karena adanya kandungan antibakteri didalam madu yang akan membantu mempercepat kesembuhan.

Sakit Tenggorokan Susah Menelan


=====================================

>>> Obat Radang Tenggorokan 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Tenggorokan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.